Minggu, 10 Februari 2019

Pendidik dan Terdidik


"Masa muda, masa yang berapi-api", gambaran kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi manusia yang menyentuh usia remaja dan dewasa awal. Di usia ini biasanya manusia butuh pengakuan, mereka memang masih dalam tahapan pencarian jati diri, namun mereka senantiasa mencari pengakuan dari orang lain.

Peristiwan unboxing scoopy dari Hulk yang baru pubertas sudah selesai, berakhir dengan tangisan dalam balutan seragam oranye. Namun sekarang timbul pertanyaan, kenapa anak muda zaman sekarang sampai bisa melakukan hal itu. Memang dia marah, tapi perlukah tindakan seperti itu? Memang dia kecewa ditilang tapi sampai segitunya.

Belum selesai kejadian unboxing Scoopy, jagat maya kembali dihebohkan dengan tingkah laku murid sok jagoan yang merokok di dalam kelas dan menantang berkelahi gurunya karena dilarang merokok oleh gurunya. Kejadian di Kota Gresik ini memang langsung ditanggapi secara cepat oleh pihak terkait, namun sebenarnya kenapa hal ini sekarang seringkali terjadi. Semakin parah saja jiwa-jiwa muda Indonesia. Apakah ini yang akan meneruskan Indonesia selanjutnya? Mau jadi apa bangsa ini kedepannya?

Banyak sekali sekarang kejadian-kejadian yang mencoreng dunia pendidikan di Indonesia. Mulai dari guru yang dilaporkan ke polisi karena memukul muridnya, bukan hanya sekedar dilaporkan, namun sampai guru tersebut masuk penjara. Sekarang memang berbeda dengan dahulu, era internet memang membuat persebaran informasi semakin cepat. Kejadian-kejadian yang terjadi saat ini bisa langsung menjadi konsumsi publik secara cepat.

Bagaimana dengan mentalitas pemuda di Indonesia? Apakah sudah berbeda dengan zaman sepuluh tahun lalu? Apakah sekarang memang tata krama sudah menjadi barang langka? Apa memang sekarang tidak ada lagi tata cara dalam menghormati orang tua. Guru adalah panutan yang luar biasa, beliau-beliau adalah orang yang mengajarkan kita tentang banyak hal. Mengajarkan tentang cara berpikir dengan menggunakan logika akal sehat. Bagaimana bisa seorang guru sekarang mudah sekali dilecehkan oleh anak didiknya? Apakah sistem pendidikan di Indonesia memang sudah tidak sesuai lagi diterapkan di zaman sekarang? Itu adalah pekerjaan rumah untuk kita bersama, tidak hanya pemerintah, tapi juga orang tua, semua elemen yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak dan pemuda di Indonesia.

Dunia pendidikan yang dalam hal ini peranannya dipegang oleh Guru memiliki kewajiban untuk senantiasa memberikan pengajaran terbaik untuk anak didiknya. Pendidikan yang diberikan jangan hanya tentang teori mata pelajaran yang diajarkan, tapi bagaimana menjadi manusia yang baik dan benar, memiliki ahlak yang mulia, serta mampu memberikan peran dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Selain itu orang tua juga memiliki peran krusial, yang paling mendasar adalah memberikan pengertian dan pondasi agam yang kuat terhadap anak. Itu yang mampu membangun mentalitas yang kuat. Masih banyak hal yang bisa dibahas dalam mengkritisi hal-hal yang sekarang terjadi. Dan kita juga masih bisa menyelamatkan generasi sekarang, dengan melakukan peran terbaik kita dalam porsi masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar