Rabu, 24 November 2010

Saya Ingin Menjadi Superman dan Batman

Waktu kecil saya sudah belajar berbohong kepada setiap orang, saya belajar berbohong sejak saya belajar di bangku taman kanak-kanak. Saya masih ingat waktu itu guru TK saya, katakanlah “Bu Bunga” (bukan nama sebenarnya dan bukan nama korban pemerkosaan lho) bertanya kepada saya “Apa cita-cita kamu?”, saya pun menjawab dengan penuh kebohongan kepada guru TK saya “Cita-cita saya ingin jadi tentara Bu”. Bohong? Bagaimana bisa bohong? Sebenarnya cita-cita saya mendekati seperti tentara, namun saya tidak mungkin menyebutkan cita-cita saya di depan kelas. Ciri pendidikan di Indonesia kan seperti itu, sering terjadi pembunuhan karakter bahkan sejak anak masih bersekolah di bangku Taman Kanak-kanak. Coba bayangkan kalau seandainya saya mengatakan cita-cita saya yang sejujurnya kepada guru TK saya? Apa yang akan terjadi kalau seandainya saya bilang cita-cita saya ingin menjadi Superman, apa yang terjadi seandainya saya bilang cita-cita saya ingin menjadi seperti Batman. Pasti cemooh dari teman-teman saya, pasti saya akan menjadi bahan ejekan dari teman-teman saya. Akhirnya saya selalu mencari aman dalam menjawab pertanyaan dari guru saya, saya menjawab “saya ingin menjadi tentara Bu”, mungkin itu jawaban paling aman yang saya pikirkan pada waktu itu.

Seiring waktu berjalan ternyata saya berkembang seperti manusia pada umumnya, saya takut dianggap berbeda, saya tumbuh seperti manusia kebanyakan. Ini akibat pembunuhan karakter sewaktu saya kecil. Waduh…kok gini jadinya hidup saya ya??? Semakin bertambah usia saya ternyata semakin tersadarkan pikiran saya, hidup saya bukan ditentukan oleh orang lain, hidup saya adalah pilihan saya sendiri. Tidak ada salahnya kalau pun saya jadi beda, mungkin orang akan menertawakan saya, tapi itu tidak akan mempengaruhi hidup saya.

Sejak kecil saya bercita-cita ingin menjadi Superman, sejak kecil saya bercita-cita ingin menjadi Batman. Dan sampai sekarang saya masih bercita-cita ingin menjadi Superman dan Batman. Saya bangga mempunyai cita-cita seperti itu, bahkan saya ingin umumkan kepada semua orang tentang cita-cita saya.  Mungkin untuk sebagian orang cita-cita saya dianggap lucu dan tidak mungkin terwujud, tapi tunggu dulu, kita belum membahas masalah ini lebih lanjut. Memang kalau dipikir dengan logika saya tidak akan mungkin terbang seperti Superman, memang saya tidak akan mempunyai peralatan secanggih Batman untuk berperang. Tapi banyak hal yang kita lewatkan disini, suatu hal yang seharusnya kita perhatikan lebih detail lagi.

Saya mempunyai cita-cita ingin menjadi Superman dan Batman bukan tanpa sebab, memang ketika waktu kecil saya ingin terbang seperti Superman dan ingin punya peralatan canggih seperti Batman. Tapi sekarang saya sudah dewasa dan cita-cita saya masih tetap sama. Pasti kalian sudah tahu siapa Superman dan Batman. Bagi yang suka kisah Superhero akan lebih memahami siapa itu Superman dan Batman.

Kita bahas saja dulu dari seorang Superman. Siapakah Superman? Kenapa saya ingin jadi Superman? Arti dalam bahasa Indonesia sendiri Superman adalah seorang manusia yang super. Menurut cerita dongeng superhero Superman adalah salah satu pahlawan super yang memiliki kekuatan super seperti tubuhnya yang keras bagai baja, sehingga ditembak pun Superman tidak mempan. Matanya yang bisa mengeluarkan sinar laser, sinar yang bisa membelah apa saja, dan pandangannya bisa menembus tembok. Ditambah lagi kekuatan andalannya yaitu terbang, Superman bisa terbang dengan kecepatan kilat. Kekuatannya begitu luar biasa, saya sendiri sadar tidak akan mampu mendapatkan kekuatan seperti itu meski pun saya sudah berguru di berbagai daerah. Namun sebenarnya ada suatu hal yang perlu diketahui, menurut cerita superhero Superman adalah seorang manusia super yang berasal dari sebuah planet asing, sebuah planet di luar tata surya kita yang bernama Planet Kryptonite.

Inilah yang saya garis bawahi, saya ingin menjadi Superman karena hal ini. Superman adalah manusia super yang ada di Planet Bumi, tapi di planetnya sendiri Planet Kryptonite Superman hanyalah manusia biasa, manusia biasa tanpa kekuatan apapun. Saya ingin berjuang menjadi seorang Superman. Berjuang merantau di kota orang dengan segenap tenaga dan jiwa, menjadi seorang manusia super di kota asing. Saya ingin berjuang layaknya seorang Superman, memiliki kekuatan super bukan di kota sendiri, bisa menaklukkan kota asing yang menjadi tempat perantauan saya. Itulah kenapa cita-cita saya ingin menjadi Superman.

Setelah menjadi Superman, cita-cita saya ingin menjadi Batman. Kenapa Batman? Ada apa dengan Batman? Batman adalah seorang pahlawan yang memiliki banyak peralatan yang canggih, mulai dari baju besinya yang anti peluru, senjata yang serba canggih dan kendaraan yang super canggih, inilah yang menjadikan Batman pahlawan super. Menurut cerita superhero Batman berasal dari sebuah kota yang bernama Gotham, tempat yang menjadi tempat kelahiran pahlawan super tersebut. Batman berjuang dan menjadi pahlawan super di kotanya sendiri. Dengan segenap tenaga dan kemampuannya dia berjuang mempertahankan dan membela kota tempat kelahirannya. Itu yang mendasari saya mempunyai cita-cita menjadi Batman, saya ingin berjuang sekuat tenaga untuk kota tempat kelahiran saya tercinta. Saya ingin menjadi seorang Superhero untuk kota kelahiran saya. Dengan segenap tenaga dan jiwa ingin mengabdikan diri di kota tempat saya dilahirkan.

Cita-cita saya ingin menjadi Superman baru menjadi Batman. Semoga suatu saat impian saya terwujud, impian dimana saya akan menjadi seorang manusia super di kota perantauan dahulu, menjadi orang yang benar-benar bisa berjuang dengan maksimal. Sebelum kembali untuk mengabdi di kota kelahiran saya akan menjadi berjuang menempa diri menjadi seorang manusia yang super di kota orang. Untuk mewujudkan mimpi saya, mimpi menjadi seorang superhero, mempunyai cita-cita menjadi Superman kemudian menjadi Batman. (my_fandora, 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar